bRoken hEart...

Senin, 03 Desember 2007

thE truTh about choColatE



Hm…permen coklat emang ga ada bisa ngalahin kenikmatannya..tapi kadang makan coklat bikin kita was-was takut gendut…padahal coklat banyak juga lho manfaatnya. Diantaranya:

~Coklat memiliki senyawa flavonoid yang menurut penelitian dapat menghindari penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. flavonoid ini juga terdapat di dalam teh hijau, apel , dan jeruk.
~Semakin gelap warna coklat, semakin pahit rasanya..semakin tinggi kadar flavonoidnya. Tapi fakta ini ga bikin kita boleh makan coklat seenaknya dan tanpa batas, dengan tujuan kesehatan kan??karena kita tidak tahu coklat mana yang dijual dipasaran yang memilki kadar flavonoid tinggi.
~Sayangnya beberapa coklat bermerek malah menghilangkan kadar flavonoid yang terdapat pada proses pembuatan kakao menjadi permen coklat yang biasa kita konsumsi.Hasilnya malah mengurangi manfaat kesehatan bagi tubuh kita kan….yah sayang..
~Coklat memang mengandung lemak, tetapi, tubuh kita dapat mengubah asam stearat dalam coklat menjadi.lemak tak jenuh yang baik untuk jantung kita dan tidak menambah LDL ( kolesterol jahat) malah sebaliknya, dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik). Jadi lemak di coklat sama sekali g bikin kita jerawatan.
~Kenapa ya coklat selalu terasa enak dan membuat kita nyaman? Ternyata kombinasi yang kuat dari lemak, gula dan zat kimia lainnya dalam coklat dapat meningkatkan kondisi fisik dan mental kita, sehingga dapat meningkatkan mood sehingga terasa menyenangkan ketika kita makan coklat.
~Rasa manis pada coklat melepaskan endorphin yaitu senyawa yang terdiri dari asam amino yang memiliki efek seperti morphin. sistem saraf kita juga mendapat reaksi dari teobromin, kafein dan feniletilamin yang terdapat pada coklat yang merupakan senyawa yang membantu kita merasakan hal yang sama seperti kita sedang dalam keadaan jatuh cinta.

Yah..bagaimanapun baiknya lemak coklat untuk tubuh kita, tetap saja jika makannya berlebihan, bisa bikin kita gemuk….
So… jangan pernah merasa bersalah karna makan coklat. .Nikmati tiap gigitan permen coklat…yang rasanya bisa bikin kita melayang…enjoy..

1 komentar:

apee... yeee...? mengatakan...

waah ...

BaGiiii... BaGiii cOkELatnya dUnk...